Business Development



Mahkluk apa pula ini Business Development.....

Akhir-akhir ini di era industri 4.0, pekerjaan Business Development atau Pengembangan Usaha semakin marak. Persaingan makin ketat jadi menuntut perusahaan untuk lebih kreatif dalam menarik omzet dan juga profit tentunya.

Mengutip dari Forbes.com

"Business development is the creation of long-term value for an organization from customers, markets, and relationships."


Maksudnya gimana nih ? Bedanya sama Sales apa ? Bedanya sama Marketing apa ?

Pastinya beda, Sales tugas utama nya jualan, Marketing tugas utama nya (salah satunya) promosi. Dari sisi tugas utama, BD akan mirip dengan Marketing, bahkan Marketing bisa termasuk ke dalam fungsi BD.
Dari definisi Forbes, setidaknya ada 4 hal yang bisa kita telaah bersama :
  1. Long-term value
  2. Customers
  3. Market
  4. Relationship

Long-term Value
Berbicara soal value atau nilai-nilai dasar dalam bisnis tentunya kita paham bahwa yang utama merujuk pada uang atau keuntungan, namun ada hal lain yang mendasar juga yaitu prestige atau privelege atau apapun yang bisa menguntungkan perusahaan. Tapi bicaranya adalah jangka panjang bukan soal menang kalah tender atau untuk besar dalam waktu singkat. Tidak.
BD akan lebih banyak bicara pada peluang jangka panjang untuk kelangsungan bisnis atau menjaga omzet (dan profit tentunya) tetap terjaga. Dengan kata lain tetap menjaga perusahaan tetap tumbuh dan berkembang.

Customers
Sederhananya, customer adalah pihak yang membayar kita. Nah tidak semua orang bisa menjadi customer kita, tentunya kita yang harus aktif mencari dan yang terpenting menentukan siapa customer kita, tentunya definisi ini adalah yang bersedia membayar kita untuk produk dan jasa yang kita berikan. Seringkali orang tidak tahu, apakah produk yang kita jual sesuai dengan yang mereka butuhkan, atau mungkin produk nya sudah di kenal tetapi tidak tahu dimana membeli nya. Atau juga sudah tau produknya, sudah tau dimana beli nya tapi tidak bisa memanfaatkan dengan optimal. Nah disinilah tugas BD banyak berperan.

Market
Ini yang unit, perbedaan yang soal market atau pasar disini akan mirip dengan tugas marketing. Bedanya adalah kalau marketing akan focus "hanya" pada produk nya saja, sedangkan BD akan banyak fokus pada "perusahaan" nya. Jadi sebetulnya lebih luas cakupan BD. Sehingga ada banyak perusahaan yang tidak mengenal atau tidak mengembangkan BD, tetapi cukup hanya Marketing saja. Pada intinya adalah fungsi utama disini melakukan analisa pasar untuk menjual "nilai-nilai perusahaan" tersebut, entah itu produk atau jasa.

Relationship
Relationship/hubungan adalah kunci yang penting. Karena dengan adanya hubungan jangka panjang yang bagus, akan tetap dapat menjaga kelangsungkan bisnis. Bukan sekedar hari ini muncul dan besok hilang. Tentunya di perlukan keahlian seorang BD untuk bisa menjaga kepercayaan, penghargaan dan pemahaman yang bagus supaya terjalin hubungan yang baik. Karena bisnis akan tetap bisa terjadi apabila tercipta hubungan yang baik dengan customer, karyawan maupun dengan pihak-pihak yang berkepentingan. 

Secara real nya jika kita membahas PT Dwi Prima Engineering, natur utama nya adalah trading/dagang, dengan spesialisasi pompa dan katub/valve. Karena dagang, DPE memiliki beberapa keagenan untuk barang yang di jualnya, antara lain :
  1. LMI/Milton Roy ==> Dosing pump / Metering Pump
  2. Debem ==> AODD (Air Operated Double Diaphragm)
  3. Homa ==> Submersible pump
  4. Franklin ==> boreholes pump and motor
  5. Ideal Bombas ==> Centrifugal pumps
  6. Dynaflo ==> control valves
  7. Inline ==> Choke Valve
  8. Equal ==> Centrifugal pump
DPE memulai kiprahnya pada tahun 2001, dan selama tahun-tahun yang dialami telah mengalami beberapa kali pengembangan bisnis, yaitu :
  1. Memiliki brand sendiri : Equal, saat ini sedang proses patent di HAKI
  2. Memasukkan brand untuk Industri : LMI/Milton Roy, Debem, Dynaflo, Farris (sekarang sudah di lepas), Inline Valve
  3. "Menjual" service excellence : Complete set untuk pompa (fire pump set, booster pump, chemical injection system, ), Pump service and maintenance, MEP (Mechanical Electrical Plumbing)

Sekarang adalah fase ketiga dari pengembangan bisnis yang dilakukan DPE. Value atau nilai yang kita punya adalah :
  • mempunyai barang (pompa air, pompa bahan kimia, control valve, choke valve, dll)
  • mempunyai fasilitas untuk service, maintenance, workshop-and-assembly dan warehouse
  • mempunyai kemampuan untuk engineering, trouble shooting, service, installasi, commissioning dan maintenance

Dengan kata lain, DPE tidak sekedar "menjual" barang (pompa dan valve) tetapi bisa memberikan nilai tambah lain dengan produk dan jasa yang di perlukan oleh customer. Disinilah tugas business development banyak berperan. (NW)

Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Minum Kopi

Metering (Dosing) Pump

DEBEM an AODD Pump