Peer-to-peer Lending

Apa itu peer-to-peer Lending ??

Mengutip investopedia, artinya adalah :
"Peer-to-peer (P2P) lending is a method of debt financing that enables individuals to borrow and lend money without the use of an official financial institution as an intermediary. Peer-to-peer lending removes the middleman from the process, but it also involves more time, effort and risk than the general brick-and-mortar lending scenarios."

Terjemahan bebas nya adalah tempat pinjam meminjam uang tanpa melalui lembaga keuangan sebagai perantara. Hal ini memudahkan dalam hal waktu dan resiko.

Sebagai salah satu financial technologi yang berkembang pesat, ada beberapa situs peer-to-peer lending yang di lindungi oleh OJK (otoritas jasa keuangan), jadi secara prinsip aman untuk berinvestasi dan aman, dalam artinya mereka termasuk resmi di mata hukum.

Setiap situs yang menyediakan jasa peer-to-peer lending memberikan rating buat peminjam yang memudahkan investor untuk evaluasi akan memilih menaruh uang untuk di investasikan kemana. Biasanya menggunakan huruf sebagai grade dari A, B, C, D, E. Tentu saja untuk Grade A adalah grade paling tinggi dan E paling rendah (paling beresiko). Otomatis potensi imbal balik yang paling besar bisa di berikan oleh peminjam dengan Grade E, namun resiko gagal bayar nya juga paling besar. Sebagai investor kita harus cerdik memilah dan memilih akan berinvestasi kemana.

Selain sebagai investor, kita juga bisa mendaftar sebagai peminjam apabila membutuhkan dana, misalnya dana untuk talangan gaji karyawan atau dana pembayaran supplier. Namun pembahasan disini akan di batasi untuk sisi investor dan situs yang sudah di coba dan di ketahui oleh penulis.

Beberapa yang layak untuk di coba :

1. Koinwork

Terdaftar di OJK  sejak 27 April 2017 atas nama PT Lunaria Annua Technologi (Koinwork), namun secara operasional resmi sejak Agustus 2016 . Saat ini memiliki investor terdaftar sebanyak 56.599 investor.

Dengan minimal investasi IDR 100.000,00 tingkat return rata 18% pertahun, koinwork ini layak di pertimbangkan untuk berinvestasi.

2. Amartha

Situs terdaftar atasnama PT Amartha Mikro Fintech, dan fokus pada pembiayan usaha kecil. Berdiri sejak tahun 2010 dan berani memberikan imbal hasil 15% pertahun.

3. Mekar

Situs ini di miliki (didukung) oleh Putra Sampoerna Foundation dengan nama resmi PT Mekar Investama Sampoerna, dan memberikan imbal hasil hingga 12.5% pertahun. Dengan fokus pada pendanaan untuk PEREMPUAN pelaku usaha mikro.

4. Investree

Nama resmi nya adalah PT Investree Radhika Jaya, mengklaim sebagai pioneer peer-to-peer lending marketplace. Investree melayani pinjaman untuk hampir seluruh kebutuhan pribadi maupun perusahaan. Dengan minimal investasi IDR 5.000.000,00 untuk bussiness loan dan IDR 1.000.000,00 untuk employee loan, investree berani memberikan imbal hasil 16.4 % pertahun.


Jadi silakan di pilih mau di investasikan kemana uang anda. Pilih dengan cermat dan belajar berani ambil resiko.

Bahan bacaan lain :

1. hendriyono.com





Comments

Popular posts from this blog

Minum Kopi

Metering (Dosing) Pump

DEBEM an AODD Pump