RO Membrane Replacement


Penggantian membrane di lakukan pada hari Jumat, 23 Pebruari 2018 mulai pukul 14.00 WIB. Membrane existing adalah Hydranautics tipe CPA2-4040, diganti dengan Filmtec BW30-4040. Secara umum propertis membrane brand apapun akan sama, termasuk dimensi nya, yang membedakan adalah karakteristiknya. Jadi jika existing Hydranautic ukuran 4” diganti brand Filmtec 4” (atau brand lainnya), akan bisa di gunakan.

Setelah di lakukan pembongkaran membrane lama di temukan hal-hal berikut :
  1. Membrane kotor berwarna coklat dan kotor karena lumpur
  2. Pemasangan seal membrane industri tidak searah dengan aliran air, seal di pasang di pinggir semua


Prinsip Utama membrane RO adalah menyaring TDS (total dissolved solid), sehingga tidak boleh ada TSS (total suspended solid) yang masuk ke membrane supaya optimal. Apabila masih ada partikel/kotoran/lumpur yang masuk, artinya pretreatment tidak bekerja dengan optimal sehingga membrane tidak bisa bekerja optimal juga dan akan rusak.
Sistem RO Industri mengggunakan 12 membrane 4”, dengan system array 2-2-2, dengan setiap housing berisi 2 membrane. Artinya aliran air masuk ke 2 housing pertama, lalu sisa air (konsentrat) masuk ke 2 housing berikut nya dan sisa nya lagi masuk ke 2 housing terakhir. Jadi pemasangan membrane harus sesuai arah air dengan seal berada di depan (menutupi seluruh housing) sehingga air masuk atau tersaring semua di membrane, tidak ada yang lewat di sela-sela membrane dan housing.


Rekomendasi :
  1. Perlu di lakukan perbaikan pretreatment, terutama :
    • Pemasangan pressure indicator di setiap inlet-outlet filter
    • Evaluasi system Multimedia filter (di optimalisasi, terutama di musim hujan), terutama internal part dan sistem backwash - nya
  2. Perlu di lakukan segera sinkronisasi system untuk automasi dan safety control system
  3. Perlu di lakukan analisa lab untuk input RO Industri, terutama parameter silica.





Comments

Popular posts from this blog

Minum Kopi

Metering (Dosing) Pump

DEBEM an AODD Pump