Power of Change

Jagoan ku lagi lucu-lucunya.....kesukaannya adalah mobil2an....termasuk yang di tonton juga......tontonan favorit nya adalah Ligthing McQueen atau Cars....dari seri 1 sampai ketiga dia hafal adegan balap nya....bahkan game di hape bapaknya juga dia pakai sebagai "lagu nina bobok"...ya game balap juga....

Tapi yang menarik dalam film cars, tokoh favorit jagoanku ternyata bukan si McQueen, melainkan sahabat dekatnya yaitu si Mater....hmm, menarik apa lebihnya dia ? entah lah setiap kemunculannya dia pasti tertawa senang....

Hal menarik yang bisa di tarik pelajaran sebenernya ada di sekuel terakhir yaitu Cars 3 paling tidak kondisi di film tersebut menggambarkan kondisi kekinian yang bisa di jadikan evaluasi, setidaknya ada beberapa hal yang menarik :
  1. Know your limit, learn from the best
Di ceritakan setelah berkali2 menang dalam kejuaran piston cup, McQueen tiba2 di kalahkan oleh rookie, pendatang baru dengan teknologi baru dan kemampuan baru. Satu persatu rekan sekaligus lawan bertanding di balapan tumbang. Namun McQueen tidak mau menyerah, dia terus berusaha mencari cara untuk menang. Dia sampai harus belajar dari para mantan juara, tapi tetap, jaman sudah berubah. Generasi baru, teknologi baru dan cara baru mengalahkan McQueen. Akhrinya dia sampai pada titik dimana dia menyadari bahwa dia tidak mungkin memenangkan "pertempuran" itu, tapi dia bisa memenangkan "perang". Sama hal nya seperti dalam bisnis, kita tidak mungkin bisa mengalahkan semua kompetitor, yang notabene adalah kawan dan rekan kita juga. Ada cara lain untuk bisa memenangkan "perang" tersebut, dan itu di mulai dari diri kita sendiri untuk bisa mengetahui sampai dimana batas kemampuan kita.
  1. Shifting time
Titik balik yang paling penting setelah kita tahu batas dan kemampuan maksimal kita, lalu di optimalkan. Apa yang di lakukan oleh McQueen ketika dia tahu bahwa dia tidak mungkin menang? Ya dia tetap maju dengan mempersiapkan "amunisi" baru untuk menang. Dalam bisnis, kita harus bisa melihat titik ini, dimana pergeseran dan perubahan pasti akan terjadi, kita tidak bisa menghindari nya kita harus tetap maju untuk menghadapi nya, dan membawa cara baru, orang baru atau hal baru untuk di lakukan. Dengan tidak (atau bisa jadi dengan) merubah core bisnis kita.
  1. Prepare to change
Mau dengan cara apapun, McQueen tidak akan mungkin bisa menang melawan Jackson Storm, diatas kertas Storm lebih unggul di banding McQueen. Untuk bisa menang, McQueen harus siap-siap berubah, dia melakukan "tandem" dengan Cruz yang bisa memenangkan balapan. Dan diakhir lomba, Mcqueen tetap dapat kredit untuk kemenangan tersebut. Kita harus berani bersinergi dengan rekanan untuk bisa memenangkan tender, tidak bisa lagi kita berjalan sendiri. Akan habis waktu dan tenaga kita melawan perkembangan jaman. McQueen mungkin tidak lagi balapan di track, tapi dia bisa tetap ikut balapan sebagai kepala kru dari Cruz (penggantinya). Demikian juga kita, bisa tetap ikut tender dengan support rekan2 kita untuk menang.

Secara realnya, bisnis paling konvensional adalah dagang, kita beli barang dengan harga murah lalu jual lebih tinggi untuk memperoleh keuntungan. Sesederhana itu prinsip kerjanya. Tetapi prakteknya memang tidak sederhana. Ada yang bilang harga kita terlalu mahal, ada yang bilang barang kita jelek di banding kompetitor, ada yang bilang ga di support, dan sebagainya.
Jika kita hanya melakukan hal sederhana jual beli, masalah itu akan tetap muncul. Yang perlu kita lakukan, yang saya lakukan adalah melakukan "shifting" atau perubahan. Core bisnis tetap jual-beli. Tetapi yang kita berikan lebih dari itu. Kita kemas jualan kita berupa complete solution.
Dwi Prima tidak hanya berjualan pompa air atau pompa bahan kimia, tetapi juga menjual service untuk segala permasalahan transfer air dan injeksi bahan kimia. Jadi yang kita jual bukan lagi barang (Centrifugal pump, dosing pump and valve) tapi kita menjual solusi (barang/goods and jasa/service), baik itu engineering solution maupun commercial solution. Hal ini tentunya di dukung oleh kemampuan tim yang handal dari segala lini, baik itu pihak managemen maupun teknisi di lapangan.



Tidak ada yang tak mungkin, yang pasti kita bisa dan harus bisa melakukannya. Jika kita berkolaborasi dan bersinergi pasti bisa. (NW)

Comments

Popular posts from this blog

Minum Kopi

Metering (Dosing) Pump

DEBEM an AODD Pump