Jual Diri

Sebuah sistem harus memenuhi beberapa persyaratan, baik itu sisi teknis maupun non teknis. Sederhana, karena saya orang proses, secara konsep proses harus terpenuhi. Kemudian secara operability dan maintenance harus terpenuhi juga.
Saya sebagai pihak yang membuat desain, selain mempertimbangkan faktor secara teknis harus juga mempertimbangkan faktor operability dari sisi user atau pemakai. Dengan kata lain harus melihat dari sisi pemakai nya apakah gampang mengoperasikan dan juga tidak sulit dalam melakukan perawatan.

Kali ini kebagian membuat desain untuk sistem reverse osmosis kapasitas 8 membrane. Gambar tersebut belum sempurna (sengaja tidak di sempurnakan), tetapi cukup mewakili untuk di jadikan acuan bagaimana nanti bentuk barangnya, dimensi dan luasan yang di perlukan serta bagaimana mengoperasikannya.

Tanggung jawab saya di tahap ini adalah memberikan pemahaman ke (calon) pembeli bahwa sistem yang akan di buat sudah sesuai dengan kebutuhan. Lagi-lagi faktor ISO yaitu fokus pada pelanggan harus di perhitunggan di sini. Secara teknis sudah memenuhi, tinggal non teknis. Faktor non teknis yang utama, meski bukan yang pertama adalah faktor komersial. Jadi berapa nilai nya barang (dan jasa) tersebut. Saya juga harus bisa membuat estimasi dan kalkulasi atas hal itu. Yang susah susah gampang itu adalah menilai diri sendiri.

Saya sering bilang, pekerjaan saya sekarang adalah "menjual diri". Artinya saya harus mampu menilai dan menghargai berapa sih "harga jual" ku? Yang pantas, yang tepat dan yang sesuai.
Tapi di sini kita tidak membahas hal itu. Silakan japri untuk detil nya karena akan ada banyak faktor yang berperan.

yuk mari...



Comments

Popular posts from this blog

Minum Kopi

Metering (Dosing) Pump

DEBEM an AODD Pump