HOMA - submersible pumps






HOMA adalah sebuah merk pompa dari Jerman. Berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam pembuatan pompa submersible. Apa itu pompa submersible ?

Secara definisi, pompa submersible adalah pompa (dan motor) yang keseluruhan bagiannya terendam dalam fluida (atau air). Focus kali ini adalah pompa air, jadi fluida kerjanya adalah air, baik itu air tawar, air laut maupun air limbah. Tentunya untuk masing2 fluida kerja, beda tipe yang di gunakan. Faktor pembeda berikut nya selain fluida kerja adalah tekanan yang dibutuhkan, baik itu tekanan dorong (discharge) maupun tekanan hisap (suction). Meskipun secara prinsip, karena submersible, tekanan hisap tidak terlalu di perhitungkan karena pompa keseluruhan terendam dalam air.

Apa kelebihan pompa submersible :
  1. Instalasi tidak “kelihatan” di permukaan, artinya meminimalkan area/tempat
  2. Tidak menimbulkan suara bising, karena pompa (+motor) berada di dalam air
  3. Motor listrik tidak panas karena ada pendinginan dari air yang merendam motor
  4. Tidak mungkin terjadi cavitasi
  5. Biaya perawatan rendah




Sistem fluida yang umumnya menggunakan pompa submersible (pompa celup) misalnya : drainase, sumur bor, irigasi pertanian, pompa limbah maupun pompa tambak atau kolam ikan.
Secara teknis, pertimbangan memilih pompa celup atau pompa submersible diantaranya :
  1. Tentukan fluida nya, pada umumnya dibagi menjadi 2 kategori umum : Air bersih/jernih dan air kotor/berlumpur/berpasir
  2. Daya dorong maksimum (pump discharge/pump head maximum)
  3.  Tingkat volume debit air atau kapasitas pompa
Dengan ketiga data di atas, maka akan dapat di tentukan kira-kira tipe pompa celup seperti apa yang akan sesuai. Karena penggunaannya berbeda, tipe pompa celup untuk sumur bor akan tidak optimal jika dipakai untuk pompa banjir, dan mungkin akan cepat rusak. Kerusakan pompa celup/submersible pada umumnya karena ketiga factor diatas tidak di perhatikan secara benar.




HOMA, sebagai spesialis pompa submersible/pompa celup secara system membagi menjadi 4 kategori utama, yaitu :
  1. Dewatering atau Domestic Waste water disposal
  2. Waste water and sewage system
  3. Fresh water supply (pompa sumur)
  4. Water supply

PT Dwi Prima Engineering, sebagai agen untuk pompa HOMA, memiliki ketersediaan stok untuk beberapa tipe yang general dan bisa mendatangkan pompa HOMA dari pabrik sesuai dengan pesanan. Selain itu, kami juga memiliki dukungan tim sales engineer, tim engineering support dan tim Service support yang siap membantu.



Untuk informasi teknis dan komersial lebih lanjut bisa kontak ke info [at] dwiprima [dot] co [dot] id atau bisa kunjungi website resmi HOMA. Atau bisa kontak penulis untuk informasi lebih detil.


Comments

Admin said…
Manfaat website pompa air dapat memberikan informasi tentang konsumsi energi perangkat. Dengan data ini, pengguna dapat mengevaluasi efisiensi pompa air mereka dan mengambil tindakan untuk mengoptimalkan pemakaian energi.

Dengan menyediakan aksesibilitas informasi, pemasaran efektif, peningkatan citra perusahaan, interaksi dengan konsumen, edukasi, serta kemampuan monitoring dan analisis, fungsi website pompa air menjadi investasi yang memberikan hasil jangka panjang.

Memanfaatkan kelebihan website pompa air, bisnis dapat meningkatkan daya saing mereka, meraih pelanggan baru, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan yang sudah ada.

Popular posts from this blog

Minum Kopi

Metering (Dosing) Pump

DEBEM an AODD Pump