pentingnya komunikasi

semalam aku begadang sampai sekitar jam 5-an baru tidur. ada masalah dengan ayank yang perlu di selesaikan sampai "down load"-nya selama itu. yah, ku pikir ini bukan masalah besar, tetapi ternyata jadi besar dan aku ga menyadarinya. Awal permasalahannya sepele, cuman kurang komunikasi. Tapi buntutnya ga bisa di bayangkan...bisa membesar dan meluas kemana-mana.
Beberapa hari yang lalu aku emang pengin ngajak ayank ke rumah, pada prinsipnya aku pengin ayank kyu tau semua tentang aku, orang-orang di sekitarku, keluargaku dan teman-temanku. Maka ku kenalin ke semua temen2 ku....kemarin sempat main ke rumah di Tangerang, cuman ga sempat ketemu om Scooby a.k Om chriss...jadi cuman ngeliat rumah dan jalan2 dekat kantor, makan di food square nya lalu jalan n nonton ke EX. Paling tidak sebagian tujuanku tercapai, ayank bisa ngeliat dimana aku tinggal, dimana aku hidup dan dimana aku bersosialisasi.
Fase berikutnya adalah mengajak ke rumah ku di Pati. Aku ga ada niat main2 pada saat mau ngajak ayank ke Pati, aku serius dari lubuk hatiku yang paling dalam. Tetapi masih ada keraguan soal itu. Aku takut kalau sampe disana ayank akan berpaling dariku melihat kondisi rumah ku seperti itu. Aku takut ayank ga betah tinggal disana. Aku takut ayank ga mau masuk ke rumahku. Aku takut kehilangan ayank....kenapa aku takut??? Rumahku hanya rumah semi permanen dari anyaman bambu (gedheg), lantainya dari tanah, dindingnya banyak yang uda lapuk dan banyak lubang, atapnya dari gentheng murahan, tidak ada listrik, perabot rumah hanya seadanya...bahkan sodara2 ku banyak yang enggan masuk rumahku...dianggapnya itu kandang atau apalah sehingga mereka merasa jijik untuk masuk rumah...
makanya sampai saat ini hanya temen-temen dekatku yang berani ku ajak ke rumah...banyak yang belum tau keadaan rumahku seperti apa....ya ga tau lah...aku mikirin hal ini sampai aku capek, batuk ga sembuh2 dan jadi males kerja...bawaannya ga tenang...
sampai aku ambil keputusan untuk batalin ngajak ayank ke rumah...memang pas aku ngomong gitu ga ada perubahan apa2...besoknya baru kerasa perubahan itu pada ayank...dia jadi bikin "benteng-benteng" yang dia buat sama aku...aku yang ngerasain perubahan itu jadi ga enak...mula nya aku ga tau penyebabnya adalah hal itu...
sampai tadi malam terbuka lah semuanya....ayank sangat percaya sama aku, bahkan pada saat papa mama ga percaya, ayank berusaha meyakinkan mereka bahwa aku bisa di percaya...dan kunjungan kerumah ortu ku di Pati bukan kunjungan maen-maen karena dia pengin kenal seperti apa keluargaku...jadi pas aku tiba2 ngebatalin acara itu dia jadi mikir macem2 dan menganggap aku ga serius dengan semua ucapanku...
akhirnya kita saling jujur dengan semua ketakutan kita....aku bilang apa yang menjadi ketakutanku...dan ayank juga bilang apa yang menjadi keinginannya dan penilaiannya terhadap aku...
Memang, komunikasi dan rasa percaya adalah hal yang mutlak dalam menjalani sebuah hubungan, apalagi di tambah hubungan jarak jauh yang jarang bertemu. Dari kejadian ini aku belajar bahwa kadang ketakutan kita menghalangi kita untuk berkata jujur, tidak terus terang, padahal justru dengan ke terus terangan itu lah yang akan menghilangkan ketakutan itu...
makasih ayank, untuk pengertian mu menerima ku apa adanya....
I love you so much...

Comments

Popular posts from this blog

Minum Kopi

Metering (Dosing) Pump

DEBEM an AODD Pump